'Til Health Do Us Part: One Woman's Extraordinary Story of Healing

'Til Health Do Us Part: One Woman's Extraordinary Story of Healing

Sejarah Pada 1948 terjadi pemberontakan pki di madiun. pemberontakan ini berkaitan erat dengan kebijakan rekonstruksi dan rasionalisasi angkatan perang (rera). keterkaitan tersebut ditunjukan oleh !

Pada 1948 terjadi pemberontakan pki di madiun. pemberontakan ini berkaitan erat dengan kebijakan rekonstruksi dan rasionalisasi angkatan perang (rera). keterkaitan tersebut ditunjukan oleh !

Pemberontakan PKI madiun pada tahun 1948 berkaitan erat dengan kebijakan rekonstruksi dan rasionalisasi angkatan perang (RERA). PKI sengaja merekrut anggota (RERA) yang tersingkir untuk bergabung dan melakukan pemberontakan terhadap pemerintah bersama PKI.

PEMBAHASAN

PKI adalah salah satu partai politik yang pernah ada di Indonesia dengan aliran komunis. Awal terbentuknya PKI bertujuan untuk menantang imperialisme dan kapitalisme pemerintah Belanda, Tetapi akhirnya PKI berusaha menggulingkan kekuasaan yang sah puncak pemberontak PKI adalah Pada 18 September 1948 di Madiun.

Pemberontakan PKI Madiun berkaitan erat dengan RERA yaitu kebijakan rekonstruksi dan rasionalisasi angkatan perang dengan tujuan menghemat pengeluaran negara dengan alasan

  • Pemerintah RI pemasukannya sangat kecil.
  • Jumlah militer sangat banyak sehingga memerlukan biaya gaji yang besar.
  • Sebagai seleksi untuk memilih tentara yang berkualitas.

Dengan adanya program tersebut banyak Tentara yang tersingkir yang kemudian di manfaatkan oleh PKI agar mau bergabung untuk menggulingkan NKRI.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjutMateri tentang pemberontakan PKI https://brainly.co.id/tugas/3312053

#BelajarBersamaBrainly#SPJ4

[answer.2.content]