'Til Health Do Us Part: One Woman's Extraordinary Story of Healing

'Til Health Do Us Part: One Woman's Extraordinary Story of Healing

Ekonomi Pak dongdong menjual barang x dengan fungsi permintaan pd = 100 – 1/4 q. jika jumlah barang x yang diminta berubah menjadi 60 unit dari sebelumnya 80 unit, maka barang x termasuk barang ….

Pak dongdong menjual barang x dengan fungsi permintaan pd = 100 – 1/4 q. jika jumlah barang x yang diminta berubah menjadi 60 unit dari sebelumnya 80 unit, maka barang x termasuk barang ….

Jadi jika jumlah barang x yang diminta berubah menjadi 60 unit dari sebelumnya 80 unit, maka barang x termasuk barang elastis karena memiliki nilai koefisien elastisitas 60 yang berarti koefisien elastisitasnya lebih dari 1 ( Ed > 1).

Penjelasan dengan langkah - langkah:

Suatu kondisi atau keadaan dimana kita memiliki keinginan akan membeli sesuatu berupa barang atau jasa yang disertai dengan kemampuan untuk membayarnya biasa disebut dengan Permintaan. Pada permintaan dikenal juga fungsi permintaan yaitu kondisi saat banyak sedikitnya barang yang diminta konsumen atau pembeli tergantung pada tingkat harga atau tinggi rendahnya harga yang tersedia. Jika harga barang naik maka jumlah permintaan akan barang tersebut berkurang dan sebaliknya jika harga barang turun maka jumlah permintaan akan barang meningkat.

Elastisitas Permintaan merupakan ukuran seberapa besar derajat kepekaan (koefisien elastisitas) perubahan harga atau besarnya perubahan kuantitas yang diminta akibat perubahan harga pada permintaan.

Rumus Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Ed = ΔQ/ΔP × P/Q

Diketahui : Pak Dongdong menjual barang x dengan fungsi Pd = 100 - 1/4Q

Ditanya : Jika barang x yang diminta berubah menjadi 60 unit dari 80 unit sebelumnya maka barang x termasuk  barang?

Jawab :

Q1 = 80 dan Q2 = 60

Pd1 = 100 - 1/4Q

Pd1 = 100 - 1/4(80)

Pd1 = 100 - 20

Pd1 = 80

Selain menggunakan rumus Ed = ΔQ/ΔP × P/Q bisa juga dengan menggunakan cara :

Ed = P/Q × Q'

dengan Q' adalah turunan dari fungsi Q atau fungsi kuantitas sehingga :

Ed = 80/80 × 60

Ed = 60

Jadi nilai koefisien elastisitas dari fungsi permintaan tersebut adalah 60 yang berarti termasuk kedalam barang elastis karena koefisien elastisitasnya lebih dari 1 ( Ed > 1).

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi permintaan pada https://brainly.co.id/tugas/7929981

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

[answer.2.content]